Event Report: Webinar CDC FKUI “Menjadi Residen di Luar Negeri”

Pada tanggal 24 Mei 2023, Career Development Center FKUI telah berhasil menyelenggarakan sebuah webinar dengan judul “Sharing Session: Menjadi Residen di Luar Negeri” yang digelar secara online melalui platform Zoom dan Youtube. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi dan wawasan mengenai kehidupan sebagai residen di luar negeri, dengan fokus pada Jerman dan Amerika Serikat, serta sistem yang mengaturnya. Acara ini dihadiri oleh sekitar 500 peserta yang antusias, baik melalui Zoom maupun saluran Youtube, dengan partisipasi aktif melalui berbagai pertanyaan yang menarik.

Acara ini diisi oleh tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Dr. Medha Setyarengga, MD, seorang endokrinolog dari University of Maryland Medical System, Amerika Serikat, hadir sebagai narasumber pertama. Ia membagikan pengetahuannya mengenai pengalaman menjadi residen di Amerika Serikat serta sistem yang mengatur profesi medis di negara tersebut. Narasumber kedua adalah Dr. Liga Yusvirazi, MD, seorang dokter emergency medicine di Kaiser Permanente, Amerika Serikat. Dr. Liga Yusvirazi berbagi wawasan mengenai kehidupan sebagai residen di Amerika Serikat, khususnya dalam bidang kedaruratan medis, serta memberikan informasi seputar proses adaptasi dan tantangan yang dihadapi oleh para residen di negara tersebut. Narasumber ketiga adalah Dr. med. dr. Andreas Winarno, Sp.OG. B.Med.Sc., seorang dokter adaptasi obstetri dan ginekologi di RSUD Otanaha, Gorontalo, yang sebelumnya mengenyam pendidikan spesialis dan subspesialis di Jerman. Dr. Andreas Winarno berbagi pengalaman sebagai residen di Jerman dan memberikan informasi mengenai sistem kesehatan serta peluang yang tersedia bagi para dokter Indonesia yang ingin menjadi residen di negara tersebut.

Acara ini dipandu oleh Prof. Dr. dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG(K), MPH, seorang staf pengajar di FKUI dan juga Ketua Kolegium Obstetri dan Ginekologi Indonesia, selaku moderator webinar, serta dr. Reynardi Larope Sutanto selaku master of ceremony. Turut hadir pula Ketua 2 Ikatan Alumni (ILUNI) FKUI, dr. Rino Bonti Tri Hadma Shanti, SpOG serta Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, yang memberikan sambutan untuk membuka acara. Acara berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Meskipun diselenggarakan secara online, antusiasme peserta tetap terasa. Dalam sesi tanya jawab, para peserta mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan sebagai residen di luar negeri, seperti proses seleksi, tantangan yang dihadapi, dan perbedaan sistem kesehatan antar negara. Sebagai penutup sesi tanya jawab, koordinator Unit CDC dan Alumni FKUI, dr. Tommy Dharmawan, SpBTKV, PhD turut ikut serta memberikan pertanyaan penutup mengenai perbandingan sistem residen antar negara tersebut dan apa yang bisa Indonesia pelajari ke depannya.

Dengan suksesnya acara webinar ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh wawasan yang berharga mengenai kehidupan sebagai residen di Jerman dan Amerika Serikat serta memperluas pemahaman mereka tentang sistem yang mengatur profesi medis di negara-negara tersebut. Peserta juga diharapkan dapat mengetahui kondisi pembelajaran sebagai residen di negara asing, suatu isu yang tengah hangat bergaung seiring dengan bergulirnya pembicaraan mengenai RUU Kesehatan. Bagi Sejawat yang tidak dapat mengikuti acara secara langsung, rekaman acara dapat disaksikan melalui saluran Youtube @medicine_ui pada tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=zteU-0JJp3M

Leave a Reply