Talkshow Interaktif: Pendidikan Kedokteran Berkualitas untuk Semua

Kegiatan “Talkshow Interaktif: Pendidikan Kedokteran Berkualitas untuk Semua” yang dilaksanakan hari Kamis, 31 Maret 2022, mengundang para pembicara para alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dari daerah di luar Pulau Jawa. Para pembicara tersebut adalah dr. Subhan Rumoning, SpPD, dr. Johanda Damanik, SpPD, dan dr. Irsyad Kiat, SpBP-RE. Terdapat juga Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB yang menjelaskan terkait skema jalur masuk FKUI. Selain itu, terdapat juga perwakilan LPDP yang hadir, yaitu Ibu Rumtini yang berperan untuk menjelaskan terkait beasiswa LPDP. Kegiatan ini mengajak para siswa SMA terutama yang berasal dari daerah di luar pulau Jawa yang ingin masuk ke FKUI namun masih ragu atau kurang yakin.

[gmedia id=1]

Kegiatan ini mengangkat pembicaraan mengenai alasan masing-masing pembicara memilih FKUI sebagai tempat berkuliahnya, pengalaman-pengalaman menarik di FKUI, dan pekerjaan yang dijalankannya sekarang sebagai refleksi perjalanan karir yang dialami sejak lulus dari FKUI. Selain itu, para pembicara juga membagikan motivasi-motivasi yang dapat mendukung dan memberi semangat para siswa SMA yang ingin masuk ke FKUI. Para peserta banyak yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan positif terhadap hal yang dibawa para pembicara.

Walaupun dilakukan publikasi dalam waktu yang singkat, jumlah peserta yang mendaftar kegiatan ini mencapai 100 orang. Selain itu, banyak terdapat siswa dan mahasiswa yang semangat untuk menanyakan hal-hal terkait penerimaan di FKUI baik melalui Zoom atau pun youtube. Diharapkan, dengan diselenggarakannya talkshow ini, dapat membuat siswa-siswa SMA yang masih ragu untuk masuk FKUI menjadi yakin dengan pilihannya. Terutama bagi para siswa SMA yang berasal dari luar Pulau Jawa. Sehingga, FKUI dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

Acara ini berlangsung dengan jadwal kegiatan sebagai berikut:

 

Leave a Reply